Sabtu, 11 Februari 2017

Cara Mengatasi Lupa Pola Atau Kata Sandi Pada Android

Cara mengatasi lupa pola atau kata sandi pada android - silang sudah 4 hari saya tidak update artikel pada hari ini saya mau berbagi cara untuk mengatasi lupa pola/kata sandi yang ada di android tanpa melakukan wipe data dan wipe cache dalam arti lain kalian tidak perlu melalkukan proses factory reset dalam melakukan hal ini akan menghapus aplikasi dan data sehingga akan mengembalikan kondisi hp layak waktu baru beli dalam bahasa yang lebih mudah yaitu cara membuka pola android tanpa reset. Sayang bila banyak data yang belum kita pindah/back up dan akan ikut terhapus saya sendiri tidak mau bila kehilangan data-data penting punya saya terlebih lagi kenangan yang masih nempel di hanphone tersebut hilang karena kita hanya lupa kata sandi saja.

Cara Mengatasi Lupa Pola Atau Kata Sandi Pada Android

Dalam hal keamanan hp kita tentunya dan pastinya kita juga ingin menggunakan keaman yang diberikan demi amannya info atau data diri kita sendiri sehingga kita memberikan password pada hp kita yang tujuannya biar tidak dibuka sama orang lain yang ingin tahu atau sekedar iseng saja. Dalam pengalaman saya sendiri banyak juga yang menggunakan sandi jenis pola / pattern lock memang jenis ini sangatlah mudah dan simpel namun dalam segi keamanannya lumayan tinggi juga namun keluapaannya juga mudah bila konsentrasi kita saat membuat pola tadi kemana-mana.

Akhir-akhir ini android memberikan berbagai macam fitur kunci terbaru yang susah untuk ditembus seperti Usap, Pola, Pin dan kata sandi ada juga yang baru yaitu pendeteksi wajah fitur ini termasuk fitur terbaru yang diluncurkan. Lalu cara untuk membuka kunci bila kita lupa juga sangat lah berbeda namu saya akan memberikan 3 cara membuka pola android tanpa reset.

Baca Juga :  Tips Mengatasi Smartphone Tercebur ke Air


1. Pada cara pertama saya merekomendasikan dengan cara melalui Gmail namun cara ini juga kadang kalah memberi kita kendala antara lain kalian harus dalam keadaan internet atau data selular kalian ON/nyala bila tidak tentunya juga tidak akan bisa berjalan to soalnya kita harus berhubungan langsung dengan Gmail dan kita juga harus ingat kata email & sandi kita ini juga bisa berakibat bencana bagi kita yang lupa juga tapi kalau ingat sih tidak jadi masalah. Lalu dalam langkah-langkah menggunakan fitur email ini cukup mudah coba tulis kata/pola sandi kalian sebanyak kalau tidak salah 5x (kali) ini saya menggunakan samsung hp lain bisa mengikutinya setelah melakukan itu nanti akan keluar pilihan Panggilan Darurat, Buka Kunci Via Google dan yang terakhir PIN Cadangan. Jika kalian ingat pin cadangan bisa kalian coba pilihan tersebut namun cara melalui email cukup tekan Buka Kunci Via Google saja nanti kalian akan disuruh masukan email dan password Gmail kalian cukup isi dan rubah password atau kata sandi kalian yang sudah lupa.

Cara Mengatasi Lupa Pola Atau Kata Sandi Pada AndroidCara Mengatasi Lupa Pola Atau Kata Sandi Pada Android

2. Lalu untuk cara yang kedua mau tidak mau kalian harus melakukan factory reset atau biasa dikenal wipe data fan wipe cache bila langkah pertama kalian gagal dalam melakukannya. Memang cara ini terbilang cukup seram buat dilakukan membuat kita pasrah karena data,foto ,file akan ikut terhapus karena kita hanya lupa sandi saja tentunya merugikan sekali buat kita namun mau bagaimana lagi apa kita membiarkan hp kita terkunci begitu saja sampai datang keajaiban sehingga terbuka sendiri hehehe maaf cuma sekedar bercanda tapi saya mau bilang lagi cara ini memang akan menghapus semua file-file kita yang ada di hand phone seperti layaknya kita beli baru lagi namun beda dengan flashing kalau flash nantinya akan mengubah struktur data system bagian dalam kita namun cara ini cuma mengubah struktur system bagian luarnya saja jadi masih terbilang aman. Lalu langkah dalam melakukan wipe data/factory reset ini sebagai berikut:

  • matikan handphone kalian dan masuk kedalam menu recovery caranya tekan tombol Volume Up+Home+Power secara bersama sampai masuk (beda hp beda cara juga)
  • setelah masuk kalian hanya bisa menggunakan tombol volume up down dan power saja lakukan penghapusan data terlebih dahulu tekan volume down cari pilih wipe data/factory reset setelah terpilih jangan lupa pilih juga wipe cache partision
  • jika semua langkah diatas sudah kita lakukan bisa juga kalian melakukan wipe dalvik ini cuma optional sih letaknya dibawah sendiri pada menu advanced kalian bisa coba
  • setelah itu pilih reboot system handphone kalian dengan sendirinya akan reboot dan kembali ke pengaturan awal layaknya kita seperti beli baru.

Cara Mengatasi Lupa Pola Atau Kata Sandi Pada Android

3. Langkah ketiga kita bisa menggunakan sebuah tweak tapi jika kalian ingin menggunakan ini ada syarat tertentu untuk melakukannya yaitu hanphone sudah di root dan sudah terinstall cwm atau twrp karena proses ini menggunakan perintah seperti linux kurang lebih kalau saya baca yaitu perintah untuk penghapusan file yang ada di system EH jangan takut cuma file pola/sandi saja yang dihapusnya file ini nantinya akan dibungkus oleh file yang berformat zip yang dibuat oleh salah satu senior member XDA-Developer sana yanitu Dr.Ketan gatau namanya sih mirip kaya orang Indonesia sih, baik begini cara menginstall tweak penghapusan pola atau password android:

  • terlebih dahulu tentunya hp kalian sudah di root dan terinstall cwm
  • download file berikut LockScreen_Security_bypass.zip
  • letakkan pada sdcard diluar folder saja
  • matikan hp dan masuk kedalam cwm caranya tekan Volume Up+Home+Power berbeda hp beda cara silakan untuk info lebih lanjutnya bisa cek digoogle 'cara masuk ke dalam cwm hp samsung/advan/smartfreen/lenovo/sony' isi saja dengan hp masing-masing
  • setelah didalam cwm silakan cari file LockScreen_Security_bypass.zip dan silakan langsung flash
  • jika sudah selesai reboot lalu masuk ke home screen pola atau kata sandi masih ada tapi tidak berfungsi pada kesempatan ini kalian hapus saja pola dan sandi ubah jadi usap saja
  • selesai

Terima kasih banyak telah membaca dan mengikuti tutorial saya tentang cara membuka pola android tanpa reset ini semoga berhasil dan jika berhasil jangan lupa untuk membagikan tutorial ini kepada teman dekat kalian biar sama-sama bisa. Terima kasih, selamat mencoba semoga berhasil