Rabu, 23 Desember 2015

Baterai Boros? Ini Tips Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi

Tips Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi

Baterai hp android termasuk salah satu komponen penting dalam sebuah hp android yang membuat semua aktivitas aplikasi dalam hp berlangsung dengan baik. Namun dengan banyaknya hp android yang kini memiliki desain baterei non removable atau sudah langsung menyatu dengan bodi hp, hal tersebut akan terasa sangat menyusahkan ketika kamu termasuk orang yang sangat senang mengunduh aplikasi untuk melengkapi handphone tetapi tidak tahu bagaimana caranya menghemat bateri dengan benar. Apapun jenis hp android yang kamu miliki, baterainya tidak akan mudah rusak atau drop ketika kamu melakukan cara-cara berikut ini.

Tips Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi

Matikan layanan data pada kondisi tertentu

Saat berada dalam kondisi tidak melakukan browsing internet, kamu bisa mematikan layanan paket data dan memilih menggunakan wifi karena disamping layanan wifi lebih cepat, layanan paket data yang dipakai untuk mengakses website terus menerus cepat membuat baterai menjadi panas. Sama halnya ketika kamu berada didalam gedung dimana jaringan wifi lebih kuat, kamu bisa mematikan jaringan 3g dari jaringan kartu telpon dan menggantinya dengan wifi agar hp tidak selalu mencari sinyal jaringan yang hanya akan menguras baterai lebih cepat.

Matikan koneksi yang tidak perlu

Ketika kamu berada dalam kondisi tidak menggunakan koneksi wifi, bluetooth, flash kamera, hingga GPS, maka kamu bisa segera mematikan semua aplikasi koneksi tersebut. hal ini karena koneksi seperti gps dan bluetooth serta flash kamera paling banyak menguras baterai ketika dihidupkan dalam rentang waktu tertentu. Ketika koneksi tersebut dinyalakan, baterai juga akan terasa lebih cepat panas, karena kinerja hp android yang cukup berat.

Setting brightness layar

Cara berikutnya yang dapat dilakukan untuk menghemat baterai hp android adalah mengatur setting kecerahan layar hingga menjadi segelap mungkin. Kamu harus bisa mengatur kecerahan dan kontras layar yang sekiranya masih bisa ditolerir mata saat kondisi remang-remang. Disamping mengatur kecerahan layar, sebaiknya kamu tidak menggunakan screensaver atau tema gambar bergerak pada layar yang cepat menguras baterai dan dimungkinkan menghambat loading aplikasi lain.

Matikan hp saat low battery

Ketika kamu membeli hp android pastinya kamu akan membaca didalam petunjuk pakai berapa lama ketahanan baterai dalam waktu siaga atau ketika padat dengan aktivitas aplikasi. Waktu siaga sebuah hp android umumnya bisa mencapai 6-7 jam tergantung pemakaian aplikasinya. Saat kamu melihat lampu peringatan tanda lowbat sudah berkedip, ada baiknya hp android langsung dimatikan. Namun hal itu hanya berlaku apabila kamu sedang berada diluar rumah tanpa memabwa charger ataupun powerbank. Namun jika kamu membawa powerbank pun, kamu tidak boleh terlalu sering menghubungkan baterai dengan powerbank, karena panas powerbank hanya akan membuat baterai android cepat panas dan merusak socket handphone yang biasa dihubungkan denan charger.

Matikan notifikasi dan pemberitahuan

Kamu termasuk orang yang gemar berkomunikasi atau chatting melalui media sosial seperti line, whatsapp, instagram, path, twitter, atau media sosial lain? Jika memang benar seperti itu, ada baiknya kamu mematikan instalan notifikasi dan sinkronisasi yang dimungkinkan akan terus menerus ada ketika temanmu membalas pesan yang kamu kirimkan. Saat kamu tidak segera menghapus notifikasi yang ada dan membiarkan lampu peringatan terus menyala maka hal tersebut akan menguras baterai lebih cepat dan jika hal tersebut belangsung terus menerus, baterai hp android tentunya tidak akan bertahan dalam jangka waktu lama.