Jumat, 19 Mei 2017

Cara Menghemat Kuota Internet Android Terbukti Ampuh

Teknologi 4G LTE yang sekarang menjadi trend smartphone Android keluaran anyar, membuat aktifitas online makin menyenangkan. Namun dengan semakin mahalnya tarif paket data yang hampir seragam diterapkan oleh operator lokal, membuat pengguna semakin menghargai setiap MB data yang dihabiskan. Karena itulah mengetahui cara menghemat kuota internet Android yang terbukti ampuh menjadi penting. Ikuti saja langkah-langkah berikut ini:
cara menghemat kuota internet android
Contents [show]

Cara Menghemat Kuota Internet Android

Sebenarnya, cara menghemat kuota internet Android sangat simpel dan mudah dipraktekkan. Hanya memerlukan waktu kurang dari 5 menit saja, konsumsi data smartphone Anda dapat ditekan hingga 50%. Simak tutorial berikut ini:

  1. Kompres halaman Chrome
  2. Jika Anda menggunakan Chrome untuk aktivitas internet mobile, tip berikut dapat menghemat 25-35 persen konsumsi data browser ponsel Anda. Cukup aktifkan pilihan Penghematan Data yang ada pada menu Chrome.
    Kompres-halaman-Chrome
    Caranya; buka Chrome, tap pada tiga titik di sudut kanan -> Setelan -> Penghematan Data -> Aktifkan. Lihat grafik berapa persen data yang berhasil dihemat.
    penghemat-data

  3. Gunakan Video terkompresi dengan Opera
  4. Jika Anda sering menonton video online di mana saja, Browser Opera untuk Android kini memiliki pilihan kompresi video yang sangat berguna untuk menghemat beban data. Untuk menggunakannya, buka Opera Browser -> Pengaturan -> Penghematan Data -> centang kotak Kompresi Video.
    Video-terkompresi-dengan-Opera
    Pengaturan ini tidak hanya berguna untuk menghemat data, tetapi juga bermanfaat untuk memuat video lebih cepat.

  5. Matikan aplikasi Facebook
  6. Bukan rahasia lagi di kalangan pecinta Android bahwa aplikasi Facebook merupakan salah satu penghisap data yang rakus, belum lagi penggunaan sumber daya tinggi yang menguras baterai. Jadi mengapa tidak menggantinya dengan sesuatu yang lebih ramah data?
    Aplikasi Facebook sebenarnya hanya sebuah aplikasi web yang menampilkan situs Facebook. Anda bisa membuka Facebook menggunakan aplikasi lain yang lebih ramah data. Misalnya Chrome. Buka saja Chrome, lalu ketikkan facebook.com pada address bar maka Anda sudah bisa mengupdate status dengan leluasa.
    Facebook-via-Chrome
    Anda juga bisa membuat pintasan (shortcut) menuju halaman Facebook di Chrome. Caranya; buka facebook.com di Chrome -> tap pada 3 titik di pojok atas kanan -> lalu tap pada pilihan Tambahkan ke Layar utama.

  7. Matikan fitur Auto Download di Whatsapp
  8. Ribuan pengguna ponsel Android merupakan pengguna aktif Whatsapp. Aplikasi satu ini lebih hemat daripada mengirimkan pesan via SMS. Kita juga bisa berkomunikasi bersama rekan beramai-ramai via group sehingga selalu update dengan informasi penting di lingkungan kita. Sayangnya, group WA sering dibanjiri gambar dan video-video tak penting dari teman yang suka iseng. Akibatnya, tagihan data membengkak.
    Auto-Download-di-Whatsapp
    Mengatasinya, cukup dengan mematikan fitur auto download. Caranya; buka Setelan -> Chatting dan panggilan -> Unduh-otomatis Media -> Saat menggunakan data seluler -> lalu hilangkan centang pada Gambar, Audio dan Video.

  9. Nonaktifkan auto-update di Play Store
  10. Update aplikasi merupakan salah satu pengguna data yang cukup besar. Secara default, fitur ini dimatikan ketika Anda tidak terhubung dengan WiFi. Namun beberapa brand tertentu mengaktifkan fitur ini secara bawaan. Jadi Anda harus menonkatifkan secara manual.
    auto-update-apps
    Caranya; buka Play Store, swipe (gesek) layar ke kanan, tap Setelan -> lalu tap Perbarui aplikasi secara otomatis -> pilih Jangan perbarui aplikasi secara otomatis atau Perbarui aplikasi secara otomatis hanya melalui Wi-Fi.

  11. Gunakan navigasi offline
  12. Jika tidak hati-hati, Google maps dapat menyedot habis kuota data Anda. Tapi untungnya Anda dapat menggunakan Google Maps secara offline. Ikuti tutorial Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline yang pernah Teknovaganza tulis. Atau Anda bisa menggunakan aplikasi lain untuk ber-navigasi offline.
Demikianlah Cara Menghemat Kuota Internet Android yang dapat kami sampaikan. Tentu masih ada beberapa alternatif cara lainnya yang belum sempat kami bagi. Jika Anda tahu, silahkan berbagi di kolom yang sudah Teknovaganza sediakan di bawah.