Senin, 08 Agustus 2016

Cara Mengambil Video Android Agar Hasil Maksimal

Selamat sore buat kalian semua, kali ini saya akan memberikan tips dan trik bagaimana shooting atau mengambil video dengan kamera android agar hasil lebih maksimal, dan tentunya tips dan trik ini sangat berguna jika kita ingin mengabadikan sebuah momentum dengan hasil video, tentu jika hasil dari momen yang sangat berharga itu kita harpakan menjadi hasil yang terbaik bukan? mungkin tips dan trik dari saya akan membantu kalian semua.


Seperti yang kita ketahui, sekarang smartphone terutama untuk android, mempunyai kamera yang sangat amat bagus kualitasnya.

Cara mengambil video android agar hasil maksimal

Pertama adalah membersihkan lensa
Biasanya hal ini sangat di sepelakan untuk orang yang akan mengambil video menggunakan kamera android, padahal ini adalah salah satu hal utama yang harus di lakukan pertama kali, karena tanpa kita sadar, kamera kita itu seringkali kotor, sebab terkadang kita pegang pada bagian kamera, sedangkan tangan kita tidak selalu bersih, ini sebabnya, permbersihan pada kamera harus sering bahkan tidak cuma ketika akan mengambil video, tetapi juga setiap saat.
nah cara untuk membersihkan, saya sudah menulisnya dengan lengkap pada artikel cara membersihkan smartphone android dengan aman disni, silahkan baca dan ikuti langkah-langkahnya, sedangkan misal kita harus cepat-cepat membersihkannya karena harus cepat mengambil moment tersebut, kita bisa membersihkannya menggunakan tissue,kaos dan kain lap bersih.
Banyak orang yang sudah tau cara membersihkan android pada bagian dalam maksudnya adalah membersihkan system seperti cache, file, memory dan sebagainya, nah tapi  apakah kita tau cara membersihkan smartphone kita dibagian luar secara aman? seperti screen, body dll, karena seperti screen jika kita membersihkannya secara asal-asalan itu dapat menggores screen layar kita, jarang orang yang kurang paham cara membersihkan smartphone dibagian luar, padahal ini adalah salah satu jika kita ingin mengganti smartphone kita dan menjual smartphone lama, jika kita rajin membersihkannya maka nilai jual akan tinggi.
Disni kita akan membagi tips dan trik bagaimana membersihkan smartphone android secara aman, tepat dan tentu saja akan menjadi lebih bersih bahkan terlihat seperti baru, berikut adalah caranya:
  • Pertama adalah Maintenance tips
Pertama untuk menjaga agar smartphone kita tetap layak digunakan kita harus sering-sering melakukan maintance, seperti layaknya sebuah kendaraan, jika kita tidak sering merawat kendaraan maka sewaktu waktu kendaraan kita akan macet, begitu juga dengan smartphone, jika kita tidak sering-sering merawatnya maka akan terjadi kemacetan, tentu hal ini kita tidak ingin terjadi bukan?

Suhu pada smartphone itu sangat penting buat menjaga smartphone kita, untuk menjaga suhu smartphone kita, kita harus rajin melihat suhu smartphone kita dengan sebuah aplikasi yang banyak di playstore diantara master cleaner dan jangan meletakan smartphone kita yang terkena sinar matahari langsung, ini dapat menimbulkan kerusakan permanen pada smartphone kita.

Casing dan anti gores merupakan pilihan yang baik untuk menjaga smartphone kita dari kerusakaan, nah tetapi jika kita mengisi smartphone dengan tetap menggunakan casing akan membuat suhu menjadi panas, disarankan jika kita sedang mencharge smartphone kita, lepas casing dahulu agar tidak terjadi panas yang berlebihan.

Selain itu agar kita tetap sehat, smartphone kita ternyata banyak mengandung bakteri-bakteri, nah sebaiknya saat makan jangan menyentuh smartphone kita dan jika akan makan sebaiknya kita cuci tangan dulu agar kita tetap sehat.
  •  Kedua adalah membersihkan layar atau screen
Layar merupakan hal yang paling vital dalam smartphone, karena dengan layar kita bisa melakukan semua aktifitas pada smartphone, karena ini merupakan hal yang paling vital, makan terjadinya kotor pada layar itu sangat penting untuk kita membersihkannya, agar kita tetap nyaman dalam menggunaknannya, tetapi kita juga harus tau bagaimana cara membersihkan layar secara efektif agar tidak terjadi kerusakaan pada layar itu sendiri, karena jika kita membersihkannya dengan asal, kemungkinan untuk tergores itu sangat tinggi.

Untuk membersihkan layar smartphone kita, kita tidak boleh menggunakan kain sembarangan, kita bisa menggunakan kain microfiber agar tetap menjaga layar smartphone kita. untuk mendapatkan kain ini, kita dapat membelinya secara online atau kita juga bisa mencarinya di toko toko kain.

Mungkin mencampurkan sedikit air pada kain microfiber dapat lebih efektif untuk membersihkan layar smartphone kita, nah cara agar mendapat  hasil maksimal adalah sebagai berikut, lap secara garis lurus naik atau kebawah terserah menggunakan kain microfiber.
  • Ketiga adalah membersihkan Body
Untuk membersihkan body smartphone disarankan menggunakan kapas atau cotton yang di celupkan pada alkohol encer, ini sangat efektif untuk menghilangkan debu atau kotoran-kotoran yang melekat pada body smartphone kita, hindari menggunakan peralatan rumah tangga untuk membersihkan body smartphone kita karena ini justru dapat merusak body smartphone kita.

Semua tipe smartphone mempunyai banyak cara untuk membersihkannya, apalagi smartphone yang tahan air, ini akan sangat mudah membersihkannya karna kita bisa mencampurkan air untuk membersihkan body casing pada smartphone kita.

Jangan tutupi microphone

Nah yang kedua ini juga sangat fatal, kita seringkali tanpa sadar menutupi microphone kita ketika mengambil video, ini sangat menganggu karena microphone yang terhalang akan menghasilkan suara yang kurang baik, nah biasanya posisi tangan kita sering mengahalangi microphone ketika mengambil video, jadi perhatikan posisi tangan kita ketika mengambil video, mengahalangi microphone atau tidak.

Gunakan kedua tangan

Disni juga kebiasaan sederhana tetapi juga menentukan kualitas video yang kita ambil, kita biasanya hanya menggunakan satu tangan ketika mengambil gambar atau shooting video menggunakan android, sedangkan tangan satunya melakukan aktivitas lain, ini sangat tidak disarankan, karena jika kita hanya menggunakan satu tangan, smartphone android kita akan bergetar-getar sehingga fokus pengambilan gambar akan menjadi tidak beres.

Selain itu menggunakan kedua tangan, kita akan lebih stabil dalam pengambilan video, sehingga gambar akan lebih lembut dan fokus akan lebih penuh, jadi selalu gunakan kedua tangan ketika mengambil video, agar hasil lebih maksimal.

Horizontal

Hal ini juga penting, jangan pernah mengambil video dengan vertikal, ini sangat tidak di anjurkan, selalu coba untuk mengambil video secara horizontal, karena selain lebih mudah, dari segi keindahan juga mengambil video secara horizontal dapat menambahnya, apalagi ketika kita mengambil video pemandangan atau bangunan-bangungan, dengan posisi horizontal semua akan terlihat indah, nah jika tidak percayam, teman-teman bandingankan saja, pengambilan gambar dengan veritkal dan horizontal, akan lebih bagus mana?

Hindari kontras cahaya yang tinggi

Hati-hati jika mengambil gambar pada area yang mempunyai kontras cahaya yang signifikan, daerah cahaya yang terang atau cahaya buatan yang terang dan daerah yang gelap, karena jika kita berada dalam area yang mempunyai kontras cahaya yang cukup tinggi, ini akan mempersulit smartphone, karena smartphone akan berusaha untuk menyeimbangkan cahaya pada area-area tersebut, nah jadi posisikan diri anda pada area dimana kontras chaya tidak begitu tinggi dari area satu ke area yang lain.

Charge atau cas baterai

Satu hal yang sangat penting tetapi sering terlupa dalam mengambil video menggunakan kamera android adalah mencharger atau cas baterai, perlu di garis bawahai bahwa ketika kita mengambil atau shooting video apalagi menggunakan vitur 4 K ini akan sangat banyak mengkonsumsi daya baterai, pastikan batrai kita cukup untuk penuh untuk mengambil setiap moment penting.

Bersihkan memori

Membersihkan memori dari file-file yang tidak berguna ini juga penting,  karena jika file yang tidak berguna terus di simpan dalam memori ini akan berpengaruh pada pengambilan video, karena untuk pengambilan video kita memerlukan banyak memori, terutama jika kita menggunakan fitur 4 K video.

Jadi, hal yang pertama, usahakan kita mengambil dan menyimpannya pada memori external, dan jika kita tidak menggunakan memori external, pilihan satu-satunya harus membuang file-fiel yang tidak berguna dalam memori internal kita, agar cukup ruang ketika mengambil gambar, akan sangat berbahaya jika kita sedang mengambil gambar dan ternyata memori kita tidak cukup.

Hindari pergerakan dari gelap ke terang

Hindari hal ini, karena jika kita melakukan pegerakan dari gelap ke terang secara langsung tanpa ada peralihan berlahan ini akan membuat kontras balance akan tidak karu-karuan, biasanya akan ada bayangan warna putih pada video yang kita ambil, jadi usahakn jangan pernah mengambil gambar dari tempat gelap ke tempat terang, begitu juga sebaliknya.

Jangan zoom video

Sepeti yang kita ketahui, bahawa melakukan zoom pada sebuah object itu akan menyebabkan pecah-pecah pada hasil yang akan kita ambil, nah usahakna jangan zoom object yang akan kita ambil videonya, hal ini juga tidak hanya untuk pengambilan video, pengambilan foto juga begitu, usahakan jangan zoom pada object.

Perhatikan gerak kita

Hati-hati begerak ketika mengambil video, karena hal ini sangat penting untuk menjaga fokus agar hasil video tidak bergerak-gerak tidak teratur ketika kita melihat hasilnya, usahkan kita melakukan gerak secara berlahan dan pelan-pelan, usahakan pegerakan kita menggunakan ritme yang sama, dan jangan pernah bergerak naik turun dengan cepat, seperti meloncat-loncat karena nanti hasil video yang kita ambil akan tidak bagus.

Gunakan HDR

 Jika smartphone kita di lengkapi dengan vitur ini, ya itu vitur HDR  atua high-dynamic-range, maka cobalah untuk menggunakan vitur ini ketika mengambil gambar, karena HDR video dapat mengambil video dengan kontras yang lebih baik dari pada dengan mode standart, terutama ketika kita mengambil gambar pada outdoor atau diluar ruangan, dengan vitur ini, gambar akan benar-benar seperti nyata.

Nah demikian adalah Cara mengambil video android agar hasil maksimal, jika teman-teman mempunyai masalah atau ada satu hal yang masih bingung, silahkan tanyakan kepada kami melalui kolom komentar, kami akan dengan senang hati membantu sebisa kami.

Semoga tips ini bermanfaat buat kalian smua.