Jumat, 09 Desember 2016

Tips Cara Aktifkan 4G LTE di Xiaomi Redmi Note 3

Pengguna Smartphone Xiaomi Redmi Note 3 tidak bisa menggunakan jaringan 4G, karena Smartphone Xiaomi Redmi Note 3 memang dirilis resmi dalam kondisi 4G terkunci.  Namun sekarang pengguna Smartphone Xiaomi Redmi Note 3 tak perlu khawatir, karena ada cara dan trik khusus yang bisa anda lakukan untuk membuka koneksi 4G yang terkunci tersebut.

Pengguna Smartphone Xiaomi Redmi Note 3 yang ingin memakai koneksi 4G, bisa memanfaatkan menu rahasia Android. Walaupun ponsel sudah diperbarui ke MIUI versi 8, Cara ini tetap bisa dipakai.

Berikut Cara Menyalakan koneksi 4G pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 3:

1. Pastikan Smartphone Xiaomi Redmi Note 3 anda memakai kartu SIM 4G

Hal terpenting Sebelum memulai cara ini, pastikan kartu SIM yang dipakai Smartphone Xiaomi Redmi Note 3 sudah mendukung jaringan 4G LTE. Bila belum, tukarkan kartu sebelumnya di gerai operator kartu yang Anda gunakan. dan pasanglah kartu SIM tersebut pada slot pertama.

2. Aktifkan Airplane Mode

Bila kartu SIM 4G sudah terpasang, kemudian, aktifkan Airplane Mode untuk mematikan koneksi ke jaringan, kemudian buka slot kartu SIM, ini supaya kartu yang ada di dalam tidak terdeteksi sistem, jadi cukup dilonggarkannya saja.

3. Masuk ke menu rahasia

Kemudian, buka menu panggilan telepon dan ketik *#*#4636#*#*. Ini merupakan cara pintas untuk masuk ke salah satu menu rahasia milik ponsel bersistem operasi Android.

Tips Cara Aktifkan 4G LTE di Xiaomi Redmi Note 3
Masuk ke menu rahasia


screenshot Menu rahasia Android bisa dimanfaatkan untuk membuka koneksi 4G di Xiaomi Redmi Note 3
Isinya adalah pengaturan koneksi jaringan milik ponsel Anda. Begitu menu ini terbuka, segera pilih Phone Information 1 dan geser ke bagian paling bawah.

Cari tulisan “Set preferred network type”. Kemudian klik tulisan tersebut agar muncul berbagai daftar jaringan yang didukung oleh Redmi Note 3. Biasanya akan muncul berbagai jenis koneksi, mulai dari 2G, CDMA, 3G, hingga 4G.

Untuk diketahui, menu pilihan jaringan itu tidak akan bisa diubah jika Anda memakai Redmi Note 3 dalam keadaan kartu SIM terpasang. Karena alasan itulah Anda mesti melepasnya dulu.

4. Aktifkan CDMA Only

Dari sekian banyak variasi jenis koneksi jaringan di menu rahasia tersebut, carilah tulisan “CDMA Only”. Pilih opsi ini dan keluarlah dari menu rahasia tersebut.

Setelah keluar, segera masukkan kartu SIM ke dalam slot yang semestinya. Anda akan melihat bahwa ponsel sementara waktu bekerja mencari jaringan yang sesuai.

5. Segera buka Menu Pengaturan Android

Tips Cara Aktifkan 4G LTE di Xiaomi Redmi Note 3
Segera buka Menu Pengaturan Android


screenshot Setelah diubah menjadi CDMA Only, maka menu pengaturan di Xiaomi Redmi Note 3 akan menunjukkan pilihan 4G (CDMA)

Tepat setelah menutup menu rahasia dan memasukkan kembali kartu SIM, Anda harus segera masuk ke menu pengaturan (Setting), buka pilihan SIM Card & Mobile Network, dan pilih nomor yang dipasang di slot 1.

Berikutnya, cari tulisan “Preferred network type”. Di dalam menu tersebut kini sudah ada pilihan Global, Preferred 4G (CDMA), serta Preferred 3G (CDMA). Pilihlah opsi Preferred 4G (CDMA).

Keluarlah dari menu dan perhatikan ikon yang menampilkan bar sinyal ponsel. Anda akan melihat bentuknya sudah berubah, menjadi dua bar dalam posisi bertumpuk, layaknya pada ponsel CDMA.

Tips Cara Aktifkan 4G LTE di Xiaomi Redmi Note 3
Menyalakan 4G di Xiaomi Redmi Note 3


Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Menyalakan 4G di Xiaomi Redmi Note 3

Pada bar bagian bawah kosong, sedangkan bar di atas akan muncul tulisan 4G. Ini menandakan ponsel Xiaomi Redmi Note 3 tersebut sudah bisa terhubung ke jaringan internet cepat tersebut.

6. Tidak bisa telepon

Namun ada satu kekurangan bila Anda menyalakan 4G menggunakan metode menu rahasia ini. Karena dukungan jaringan diubah menjadi CDMA, maka nomor berbasis GSM tidak akan bisa dipakai untuk melakukan panggilan keluar, menerima panggilan, atau mengirimkan pesan singkat (SMS).

Ada baiknya Anda menggunakan dua nomor jika ingin memakai metode ini. Dengan memakai dua nomor, Anda bisa membaginya, yakni slot pertama untuk koneksi internet 4G saja, sedangkan slot kedua untuk menampung nomor utama yang dipakai menelepon dan kegiatan lain.

Selamat mencoba!