Jumat, 18 November 2016

Tutorial Install TWRP Pada Lenovo A6000 Tanpa PC

Tutorial Install TWRP Pada Lenovo A6000 - TWRP merupakan singkatan dari Team Win Recovery Project yang merupakan custom recovery yang merupakan sebuah pengembangan dari stock recovery. Stock Recovery yang memiliki fungsi yang minimal adalah salah satu penyebab adanya custom recovery untuk mempermudah mengoprek android.

Tutorial Install TWRP Pada Lenovo A6000 Tanpa PC

Custom Recovery banyak jenisnya ada yang namanya CWM (ClockWorkmod), Philz CWM dan TWRP (Team Win Recovery Project). Diantara kustom recovery yang beredar menurut saya yang paling terbaik adalah TWRP dikarenakan banyak fitur yang sudah terintegrasi di recovery ini seperti adanya File Manager, Bisa akses MTP, Auto-Root, themes dan lain-lain. Tapi yang paling penting dari semua itu adalah fungsi touchscreen dalam pengoperasianya, sehingga lebih mudah,cepat dan mengurangi penggunaan tombol fisik.

TWRP buat Lenovo A6000 dapat digunakan untuk A6000+ (Plus) dan dibuat oleh SevenMaxs salah seorang member dari Lenovo Forum. TWRP yang akan kamu install ada 2 versi yaitu versi Kitkat dan Lollipop, pastikan kamu memilih sesuai versi Android di Lenovo A6000 kamu dan pastikan Lenovo anda sudah dalam keadaan Root.

Cara Instal TWRP Lenovo A6000 / Plus :
  1. TWRP Kitkat Lenovo A6000/A6000+ –ini apabila kamu masih menggunakan OS Kitkat 4.4.4
  2. TWRP Lollipop Lenovo A6000/A6000+ –ni jika telah upgrade ke OS Lollipop 5.0.2
  3. Install Flashify di Google Play Store
  4. Kemudian buka aplikasi Flashify, nanti ada permintaan Root Authorization pilih "Allow"
  5. Kemudian pilih "Recovery image" (jangan sampai salah pilih!!)
  6. Pilih "Choose a File" dan pilih "File Manager"
  7. Dan cari file TWRP yang tadi
  8. Nanti muncul notifikasi Flash Recovery, setelah itu pilih "Yup"
  9. Selanjutnya ada notifikasi “Flash Complete” pilih "Reboot Now"
  10. Otomatis Lenovo kamu akan masuk ke menu TWRP
Catatan Penting:
  • Baik itu Stock Recovery atau custom recovery hanya dapat berjalan apabila sesuai dengan OS di Lenovo A6000 kamu | Apabila kamu melakukan downgrade dengan ROM Kitkat kamu harus menginstall lagi TWRP Kitkat | Apabila kamu melakukan Upgrade dengan ROM Lollipop install juga TWRP Lollipop
  • Untuk cara masuk ke TWRP, matikan dulu Lenovo A6000 kamu kemudian tekan tombol Volume UP,DOWN dan Power bersamaan tahan dan lepaskan apabila telah muncul Logo Lenovo.
Demikian artikel dari saya mengenai Cara Install TWRP Lenovo A6000/Plus Tanpa PC kurang lebihnya mohon maaf, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih.