Senin, 14 November 2016

Cara Merubah Tampilan Pemberitahuan Lowbat Pada Smartphone Android

Cara Merubah Tampilan Pemberitahuan Lowbat Pada Smartphone Android - Kemarin malam ada salah seorang teman di Facebook memposting screenshot low battery notification di Android nya. Sekilas tak ada yang ganjil jika dilihat. Sudah menjadi hal yang umum jika low battery notification muncul disaat kapasitas baterai Android sudah mencapai angka 15% kebawah.

Hal yang unik dari pesan peringatan baterai hampir habis di smartphone Android milik teman saya itu, berbeda dengan notifikasi peringatan low battery pada umumnya, notifikasi di Android nya menggunakan bahasa Indonesia yang isi kalimatnya cukup menggelikan jika dibaca. Disinyalir handheld nya itu menggunakan custom ROM buatan orang Indonesia yang sudah dioprek sedemikian rupa hingga menjadi sebuah ROM yang cukup memukau bagi kebanyakan orang yang memakainya.

Setelah kejadian itu, saya teringat dengan sebuah thread di forum XDA Developer kategori Xperia X8 yang sudah saya bookmark beberapa bulan yang lalu. Disana ada sebuah tutorial merubah notifikasi low battery Android yang mana TS nya itu asli orang Jakarta (http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=2341065).

Di mesin pencarian Google, tidak ada tutorial serupa yang saya temui. Mungkin baru developer Indonesia saja yang mengeksplorasi hal itu sehingga belum saya temui tutorial semacam ini dari TS orang luar.

Cara Merubah Tampilan Pemberitahuan Lowbat Pada Smartphone Android

Cara merubah pesan notifikasi low battery Android, yang wajib anda pahami yakni langkah-langkah compile decompile APK Android. Hal ini dimaksudkan agar anda tidak kebingungan dalam membongkar APK system yang akan di edit untuk dirubah string nya (pesan peringatan low battery) karena cara edit ini harus dilakukan secara manual & tidak ada yang instant. Langkah-langkah compile decompile APK.

Pertama, install framework-res.apk sesuai yang dituliskan dalam tutorial compile decompile APK diatas. framework-res.apk bisa anda peroleh didalam folder /system/framework/.

Kedua, decompile SystemUI.apk yang bisa anda dapati di folder /system/app/.

Jangan mengambil framework-res.apk dan SystemUI.apk sembarangan dari handphone Android yang berbeda!

Ketiga, buka folder hasil ekstrakan SystemUI dan arahkan ke /res/valuest/string.xml. Dengan bantuan text editor seperti Notepad++, cari baris berikut :
<string name="battery_low_title">
Line diatas merupakan string judul pesan notifikasi. Anda bisa merubah value nya sesuka anda misal,
<string name="battery_low_title">Cepat Cas Hapemu, mantanmu ingin menelpon</string>
Selanjutnya cari string berikut ini :
<string name="battery_low_subtitle"> dan,
<string name="battery_low_percent_format">
Kedua string diatas merupakan isi pesan low battery. Anda bisa merubah semau anda asal jangan sampai salah karena bisa mengakibatkan handphone Android anda bootloop.

Jika sudah selesai, save dan exit.

Terakhir yang bisa anda lakukan sebelum compiling ulang, buka folder /res/drawable-mdpi/ lalu cari battery_low_battery.png. Anda bisa menggantinya dengan gambar yang anda sukai. Ingat, ukuran gambar haruslah sama dengan gambar default tersebut. Jangan sampai kebesaran ataupun kekecilan karena tidak ada fitur auto-resize dalam hal ini.

Setelah selesai, compile ulang sesuai petunjuk tutorial compile decompile APK yang sudah saya cantumkan diatas.

Untuk menguji apakah SystemUI anda ini berhasil, push APK tersebut ke folder asalnya (/system/app/) menggunakan file manager semacam Root Explorer. Jika sukses saya ucapkan selamat untuk anda :)

*Ingat, untuk menghindari terjadinya bootloop silahkan anda backup terlebih dahulu SystemUI anda yang asli atau bila perlu backup ROM anda menggunakan CWM Recovery sekalian. Anda juga bisa membuat flashable ZIP sendiri untuk menangani masalah ini.